04.04
0
Pengertian dari  POP3, IMAP dan SMTP
 1         Post Office Protocol version 3 (POP3)
            POP3 adalah sebuah protocol di dalam jaringan internet yang memiliki fungsi seperti bis surat, dan digunakan di dalam email client yang kita miliki untuk mengambil dan membaca email atau surat elektronik yang masuk.

2          Internet Message Access Protocol( IMAP)
            IMAP adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, maupun menghapus pesan email yang ada.

3          Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
            SMTP merupakan salah satu jenis protocol yang bekerja dalam hal pengiriman pesan – pesan berupa surat elektronik atau email pada sebuah jaringan internet.

4          Perbedaan antara IMAP dan POP3
            Protokol POP3 mengasumsikan bahwa hanya ada satu klien yang terhubung ke kotak surat. Sedangkan protokol IMAP memungkinkan akses simultan oleh beberapa klien. IMAP cocok untuk anda jika kotak surat anda dikelola oleh beberapa pengguna. 

5          Incoming Server
            Incoming server atau server masuk adalah, bagian webmail service yang meng-handle email yang masuk ke aplikasi webmail.

6          Outgoing Server
            Outgoing Server atau Server Keluar berfungsi menghandle email atau file yang dikirim melalui aplikasi webmail.

7          SSL dan TSL
            Secure Socket Layer (SSL) dan Transport Layer Security (TLS), merupakan kelanjutan dari protokol cryptographic yang menyediakan komunikasi yang aman di Internet. Protokol ini menyediakan authentikasi akhir dan privasi komunikasi di Internet menggunakan kriptografi. Dalam penggunaan umumnya, hanya server yang diauthentikasi (dalam hal ini, memiliki identitas yang jelas) selama dari sisi client tetap tidak terauthentikasi.  



A. Membuat Webmail

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat web mail antara lain:
1. Buka cpanel web: yusniah-jm.net/cpanel
2. Setelah berhasil login, maka akan muncul tampilan menu seperti dibawah ini.

    kemudian pilih Email Accounts.
3. setelah itu klik lalu masukkan email dan password, lalu create account
4. Setelah email selesai, klik menu More dan pilih Configure Email Client
5. Setelah itu kamu akan menemui konfigurasi yang telah di tetapkan oleh webmail hosting kamu. settingan ini yang akan kita sesuaikan dengan aplikasi webmail GMail di Smartphone Androidmu..
jika Anda bukan administrator di hosting Anda, silahkan minta konfigurasi setting ini dari admin

B. Pengaturan account email pada android
Setelah membuat webmail maka dilanjutkan dengan sign in webmail pada android. berikut ini adalah langkah-langkahnya antara lain:
1. Buka menu Email pada android atau tambah account email maka akan tampil seperti berikut
    


2 Pilih Port yang ingin anda gunakan,
3 Pada halaman ini sesuaikan pengaturan incoming dan outgoing server kamu dengan manual setup setting yang ada pada hosting kamu. pada opsi Security Type sebaiknya gunakan yang SSL/TLS agar secure atau aman. Kemudian tap Next.



4 Jika berhasil maka kamu akan masuk ke halaman account options, dimana kamu bisa konfigurasi : notifikasi bila ada email masuk, sinkronisasi dengan webmail di hosting kamu, dan otomastis download bila terkoneksi wi-fi, tap next,Kemudian isi nama yang kamu inginkan.
Setelah Selesai kamu bisa melihat Email kamu di menu account di Aplikasi GMail androidmu, dan bisa mengirim dan menerima email langsung dari smartphone androidmu

Selamat Mencoba

.






Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar